Selasa, 30 Maret 2010

400 Gedung di Jakarta Padamkan Listrik Satu Jam

JAKARTA (Pos Kota) – Pemerintah Provinsi DKI terus mengajak seluruh stakeholder, pengelola gedung, pengusaha dan warga Jakarta untuk turut berpartisipasi dalam aksi global Earth Hour Jakarta 2010. Yaitu melalui gerakan memadamkan lampu selama satu jam, mulai pukul 20.30-21.30 pada Sabtu (27/3).

Tahun ini ditargetkan 400 gedung akan turut memadamkan lampu secara serentak di ibukota. Dari aksi ini diharapkan dapat menghemat 10 persen konsumsi energi di Jakarta.

Gubernur DKI, Fauzi Bowo, memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan Earth Hour tahun 2009 yang mendapatkan respon cukup baik dari warga Jakarta dan stakeholder. Sebanyak 200 gedung mengikuti imbauan gubernur DKI untuk mematikan lampu selama satu jam pada 28 Maret 2009 lalu. Langkah ini memberikan penghematan listrik sebanyak 50 MW.

“Saya berterima kasih karena respon cukup baik tahun lalu. Saya harap tahun ini paling sedikit 400 gedung mempunyai kesadaran untuk mengurangi karbon dioksida di Jakarta,” kata Fauzi Bowo.

Dengan adanya kesadaran tersebut, Bang Foke berharap tidak hanya pada 27 Maret ini saat terjadi penghematan energi secara serentak, melainkan dapat menimbulkan kesadaran hemat energi pada waktu-waktu yang akan datang. Sebab, jika bisa mengurangi 10 persen konsumsi energi di Jakarta, maka sama dengan mengurangi komsumsi listrik sebanyak 300 MW, atau sama dengan mengurangi 260 ton CO2 dan menghemat Rp 210 juta untuk pengeluaran listrik.

Selain itu, aksi pemadaman lampu selama satu jam untuk memperingati Earth Hour yang digelar World Wildlife Fund (WWF) 27 Maret 2010, akan dipusatkan di Taman Monas, Jakarta Pusat.

Bahkan tiga hari menjelang aksi, berbagi macam komunitas mulai dari pelajar, mahasiswa, hotel, perusahaan, dan perkantoran telah menyatakan kesiapannya untuk berpartisipasi. Puncak kampanye yang akan berlangsung mulai pukul 20.30-21-30 dengan mematikan lampu di lima titik wilayah DKI Jakarta. Selain itu, nantinya akan banyak pula partisipan yang menggelar acara khusus menggerakan aksi penghematan listrik serentak dengan ribuan kota-kota besar di dunia.

Direktur Program Iklim dan Energi WWF Indonesia, Fitrian Ardiansyah mengatakan, sebelum dilangsungkan acara puncak tersebut, beberapa komunitas akan melakukan aksi motivasi mulai dari pagi hingga malam hari. Diantaranya, seperti yang dilakukan komunitas Green Map dan komunitas Bike to Work yang akan berkeliling Jakarta dengan menggunakan sepeda.

Pada bagian lain, Pemkot Administrasi Jakarta Barat, juga akan memadamkan lampu untuk seluruh bangunan milik pemerintah, termasuk lampu penerangan jalan. ”Kecuali untuk rumah sakit,” kata Kasudin Kominfo dan Kehumasan Jakarta Barat, HM.Yusuf Mansyur.

Pemadaman lampu selama satu jam ini mendukung program World Wildlife Fund (WWF) “Earth Hour 2010” yang dilaksanakan secara serentak di seluruh dunia. Kantor milik pemerintah yang akan dipadamkan antara lain, kantor kelurahan, kecamatan dan Kantor Walikopta Jakarta Barat di Jl.Raya Kembangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar